Kamis, 06 Juni 2013




Pada dasanya sistem automatis adalah untuk memudahkan kita dalam semua hal bukan untuk memusingkan kita dalam hal-hal tertentu. perkembangan sistem parkir oromatis dimaksudkan untuk memudahkan pengendara mobil dalam memarkirkan kendaraan, sehingga penggendara yang kurang ahli dalam memarkir kendaraan bisa memarkir kendaraan dengan rapi dan tanpa harus ken TILANG.

berikut ini video yang menunjukan bagaimana sistem kontrol parkir otomatis bekerja.



bagaiana? menarik Bukan?

setiap sistem automatis tentunya tidak terlepas dari  adanya  sensor --> ECU --> aktuator.
sensor yang digunakan adalah sensor ultra sonic.


Pada kendaraan umumnya terdiri 4 sensor ultrasonik diinstall pada bumper belakang. Untuk bagian depan ada yang diberi sensor ada yang tanpa sensor, jumlah sensor untuk bagian depan terdiri dari 4 sampai 6 sensor ultrasonik terletak di bemper depan. Sensor ultrasonik dipasang pada bemper depan dan atau belakang.
Prinsip kerjanya sama dengan pemantulan suara atau gema suara (echo), sensor memancarkan gelom-bang ultrasonik dengan frekwensi kira-kira 40 kHz dan mendeteksi waktu gema (pantulan dari rintangan),  Jarak dari kendaraan dengan rintangan yang paling dekat dihitung dari waktu banyaknya gema dari  gema pertama yang diterima dapat dirumuskan seperti dibawah:

a = 0,5  te  C

dimana :
te    = banyaknya gema dalam detik
C = Kecepatan suara di udara (340 m/detik)

Sensor ultrasonik terbuat dari bahan piezoceramic water yang disekat oleh membran aluminium yang dikemas didalam rumah plastic, dan diberi rangkaian pengolah sinyal secara elektronik. Sensor tersebut dihubung-kan ke ECU dengan 3 terminal, dua terminal sebagai sumber tegangan satu terminal untuk sinyal ultrasonic. Ketika sensor me-nerima suatu sinyal digital dari ECU, rangkaian elektronik akan membuat membran aluminium bergetar dan memancarkan ultrasound (gelom-bang ultrasonic). Membran aluminium yang sudah diam, akan bergetar lagi oleh gelombang ultarsonik yang kembali akibat pantulan dari rintang-an. Getaran ini dikonversi oleh piezo-ceramic water ke dalam suatu sinyal analog dan diperbesar sinyalnya untuk dirubah ke sinyal digital oleh rangkaian elektronika dalam sensor.


0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!