Minggu, 16 Juni 2013



Pengertian Integrated Circuit / IC | Integrated Circuit atau biasa disebut dengan IC adalah suatu rangkaian elektronik yang dikemas menjadi satu kemasan yang kecil. Atau beberapa rangkaian yang besar yang diintegrasikan menjadi satu dan dikemas dalam kemasan yang kecil.

Satu IC yang kecil dapat memuat ratusan bahkan ribuan komponen Elektronika. Bentuk IC bisa bermacam-macam, ada yang berkaki 3 misalnya LM7805, ada yang persis
seperti transistor dan ada pula yang berkaki banyak contohnya LM741 atau seperti pada peralatan modern saat ini handphone, tablet, Personal Computer (PC) yang memiliki kaki sampai ratusan dan lainnya.

Bentuk IC seperti Transistor

Bentuk IC bermacam selain seperti gambar diatas ada juga yang menyerupai sisir (single in line)
Bentuk IC single in line
Bentuk Integrated Circuit (IC) lain adalah segi empat dengan kaki-kaki berada pada ke empat sisinya, dan  IC berbentuk dual in line (DIL)  kakinya hanya berada pada kedua sisi.
IC DIL & Kaki IC berada pada keempat sisinya
Cara membaca nomor urut kaki IC : Integrated Circuit (IC) yang berbentuk bulat dan dual in line, kaki-kakinya diberi bernomor urut dengan urutan sesuai arah jarum jam, kaki nomor SATU selalu diberi tanda titik (bulatan kecil). Setiap IC ditandai dengan nomor type, nomor type ini biasanya menunjukkan jenis IC, jadi bila nomornya sama maka IC tersebut sama fungsinya. Kode lain menunjukkan pabrik pembuatnya, misalnya operational amplifier type 741 dapat muncul dengan tanda uA741, LM741, MC741, RM741, SN72741 dan sebagainya. Semoga Bermanfaat !!

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!